Pengertian Sistem Informasi
Pengertian sistem
informasi secara umum merupakan rumusan para definisi sistem
informasi yang dikemukakan oleh para ahli pada bidang ini. Pada umumnya dalam
setiap kegiatan yang kita lakukan, membutuhkan informasi untuk melakukan hal
yang kita lakukan. Seperti yang terjadi sebuah perusahaan, divisi HRD mengelola
data para karyawan beserta semua informasi yang ada di dalamnya. Hal ini perlu
dikelola karena informasi mengenai karyawan akan sangat dibutuhkan dalam banyak
hal lain seperti untuk penggajian.
Dari contoh kecil di
atas, terlihat bagaimana pentingnya sebuah sistem informasi dalam kehidupan
manusia. Maka dari itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan mengenai
sistem informasi ini selengkapnya.
Pengertian
Sistem Informasi
Pengertian Sistem
Informasi pada dasarnya merupakan hasil dari dua arti, yakni sistem dan
informasi yang digabungkan.
Berikut ini definisi
sistem menurut para ahli ini :
- Menurut Gordon B. Davis “Secara sederhana sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur, komponen, atau variabel-variabel yang terorganisasi, saling berinteraksi, saling tergantung satu sama lain dan terpadu. Sistem bisa berupa abstraksi atau fisis.”
- Sedangkan definisi sistem informasi menurut Tata Sutabri mengemukakan, “Sistem yang abstrak adalah susunan yang teratur dari gagasan-gagasan atau konsepsi yang saling tergantung. Sedangkan sistem yang bersifat fisis adalah serangkaian unsur yang bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan.”
Definisi Informasi
disini merujuk pada data-data yang telah dibuat sedemikian rupa sehingga
menjadi sebuah informasi, seperti pernyataan ahli berikut :
- “Data dalah kumpulan fakta yang tidak teroganisir. Pengolahan data akan mengubah data mentah menjadi informasi” menurut Nurwono.
- Sedangkan pengertian informasi sendiri, menurut Tata Sutabri “Informasi adalah hasil pengolahan data yang diperoleh dari setiap elemen sistem menjadi bentuk yang mudah dipahami oleh penerimanya dan informasi ini menggambarkan kejadian-kejadian nyata untuk menambah pemahamannya terhadap fakta-fakta yang ada, sehingga dapat digunakan untuk pengambilan suatu keputusan.”
Pada pendapat yang
telah dikemukakan mengenai sistem dan informasi di atas, telah dirumuskan
mengenai pengertian sistem informasi seperti berikut :
- Menurut John F. Nash “Sistem Informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atas transaksi-transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat.”
Pengertian
Sistem Informasi
Definisi-definisi
para ahli di atas, kemudian dapat kita rangkum tentang definisi sistem
informasi, merupakan kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang
yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen.
Penggunaan teknologi disini merujuk pada istilah yang digunakan Teknik
Informasi dan Komunikasi (TIK) pada penggunaan database sebagai basis
data.
Kemudian jika kita
melihat pengertian sistem informasi yang berinteraksi dengan proses bisnis dan
melihat pada pengertian
organisasi sendiri, sistem informasi merupakan sekumpulan
informasi pada sebuah basis data, yang menggunakan model dan media teknologi
informasi yang berguna dalam pengambilan keputusan bisnis, pada sebuah
organisasi.

Summary
Article Name
Definisi Dan
Pengertian Sistem Informasi
Author
Chy Rohmanah
Description
Pengertian sistem
informasi secara umum merupakan rumusan para definisi sistem informasi yang
dikemukakan oleh para ahli pada bidang ini
Sumber :
Komentar
Posting Komentar